Beranda
ITIL
Skripsi
Ide Skripsi Saya
Juni 19, 2025

Ide Skripsi Saya



Memasuki semester 7 dalam study strata 1 saya di STT Bina Tunggal , yang berarti saya sudah harus mulai memikirkan tentang skripsi saya. Agak bingung juga, saya akan mengambil tema apa, mengingat ternyata selama 6 semester kuliah, core competensi saya belum terbentuk. Dan ternyata pula, saya kurang berbakat dibidang system developer.

Saya memang bekerja sebagai seorang IT Staff, namun saya tidak bisa coding dan memang pekerjaan sehari-hari saya bukan coding, melainkan pekerjaan yang sifatnya administrasi, rule, budget dan helpdesk. Lalu apa kira-kira ide skripsi saya yang mendukung pekerjaan saya, yang bisa saya kerjakan (yang sesuai dengan skill saya) dan saya tertarik (termotivasi) untuk mengerjakannya ?



Saya berangkat dari melihat masalah di lingkungan IT dimana saya bekerja. Saya lihat bahwa masalah utama IT adalah job overload dan kurangnya user satisfaction dari para pemakai jasa IT. Mengapa ? Karena minimnya jumlah orang IT, banyaknya permintaan dari user (serta banyaknya project) dan belum adanya pembagian job yang jelas di IT. Semua orang IT bisa saja menjadi helpdesk tanpa rule yang mengaturnya, sehingga helpdesk menjadi sebuah item interupsi yang mengganggu pekerjaan member IT. Efeknya, pekerjaan IT terganggu (sehingga menjadi delay) dan tingkat pelayanan ke user juga kurang.

Saya simpulkan bahwa helpdesk adalah point utama yang berefek pada :

1. Overloadnya IT member.
2. Banyaknya project delay.
3. Lemahnya user satisfaction.

Lalu apa solusinya ?
Dari beberapa sumber framework ITSM (IT Service Management) yang ada, terutama ITIL (IT Infrastructur Library), maka solusinya adalah :
1. Menyusun kembali prosedure dan rule helpdesk (dengan single point of contact helpdesk dan escalation  procedure).
2. Menggunakan web base application untuk membantu helpdesk dan mendorong terwujudnya self service by user dengan web based interface.

Point 1, itu sesuai dengan pekerjaan dan ketertarikan saya.
Point 2, sebenarnya saya juga tertarik, namun saya kurang berbakat dibidang itu.

Lalu ?
Point 1, itu yang akan saya utamakan dalam pembahasan skripsi saya. Saya akan mengadakan beberapa study literatur terkait dengan framework ITSM terkait (ITIL dan MOF/ Microsoft Operation Framework) dan juga study observasi ke beberapa perusahaan yang sudah menerapkan system helpdesk berbasis ITIL.

Point 2, saya bisa mengambil 2 pilihan :
1. Merancang dan membangun sistem sendiri dengan bantuan tenaga ahli yang saya kenal.
2. Menerapkan system opensource yang ada (GLPI, OCS NG, OTRS dll).

Jadi apa tema atau judul skripsi saya ?

” Perancangan dan Implementasi Sistem Manajemen Helpdesk berdasarkan ITILv3 dengan Menggunakan Framework Codeigniter, Study Kasus pada PT. Bridgestone Tire Indoensia”

Loh, kok Codeigniter ? Apa tuh ?
Codeigniter adalah framework dalam pemrograman PHP yang menggunakan metode pemrograman MVC (Model View Controler). Kan gak bisa coding ? Kok coding ? Ini plan A, sesuai saran beberapa tenaga ahli kenalan saya. Plan B nya, ya menerapkan sistem opensource yang sudah ada.

So, bagi temen-temen mahasiswa Sistem Informasi atau jurusan komputer lainnya yang gak bisa coding, jangan khawatir, banyak solusi untuk skripsi Anda. So, mulailah bergerak mengerjakan skripsi Anda. Ingat, jangan lama-lama kuliah, nanti keburu tua.

Keep on spirit. Mari kita lulus bersama* tahun depan !
* Untuk temen-temen mahasiswa STT Bina Tunggal jurusan Sistem Informasi angkatan 2009.

Tidak ada komentar