Sangat mengherankan, IT sebagai "darah" dalam sebuah organisasi, yang seharusnya sebagai motor perubahan proses bisnis organisasi, tetapi kebanyakan organisasi IT, struktur organisasinya tidak align dengan bisnis. Apabila organisasi bisnis sudah align dengan ISO 9001 misalnya, maka struktur organisasinya biasanya dibagi berdasarkan proses bukan berdasarkan fungsi atau teknologi. Namun kebanyakan organisasi IT dalam sebuah perusahaan masih menerapkan functional driven approach bukan process driven approach. Misalnya, IT dibagi menjadi System Development, Network, Infrastruktur, dll.
Apa efeknya ?
Hal ini akan berefek pada cara berpikir dan bertindak member dalam organisasi IT tersebut. Sebagai orang network, dia akan berpikir bagaimana network lancer dan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau boss. Orang developer akan focus pada developer tok. Efeknya, IT terkotak-kotak menjadi kotak-kotak teknologi. Padahal bisa jadi, ada satu atau lebih proses bisnis IT yang membutuhkan kerja sama antara orang developer dan infra. Hal ini akan menyulitkan di lapangan.
Bagaimana seharusnya ?
IT seharusnya dibagi menjadi process division sesuai dengan proses bisnis IT. Misalnya, Operational, Development (bukan system development), User Services, Financial Management, dll. Dalam divisi Operational misalnya, dibutuhkan orang infra, network, programmer dll. Demikian juga untuk Development, butuh orang infra dan programmer.
Jika di bandingkan, antara functional driven dan process driven akan seperti ini :
OK ? silahkan dibandingkan .........
Tidak ada komentar